Ilmu Sosial Dasar

Halooo, Kali ini saya mendapat tugas dari dosen untuk menjelaskan tentang Ilmu sosial dasar. Setelah searching dari 'google' akhirnya saya bisa menyelesaikan tugas ini. oke, saya di beri dua soal dari dosen saya mengenai ilmu sosial dasar

1. Pengertian dan Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar

Pengertian dari Ilmu Sosial Dasar adalah pelajaran atau ilmu yang memahami atau menelaah dari permasalahan yang ada diruang lingkup kita, sosialisasi, maupun lingkungan sekitar yang ada di masyarakat.

Ilmu sosial dasar sangat penting bagi seluruh umat manusia. Tak terkecuali mahasiswa baru, dengan mengenal ilmu sosial dasar kita jadi paham ruang lingkup kita dan dapat memecahkan masalah sosialisasi yang ada.

Tujuan mempelajari Ilmu Sosial Dasar sendiri adalah sebagai mahasiswa kita dapat memahami lingkungan kita, membentuk kepribadian, memiliki pengetahuan dan wawasan, serta memperluas pola pikir kita. Dengan mempelajari ilmu sosial dasar kita menjadi peka akan lingkungan, mengetahui bahwa tidak semua orang memiliki jalan berpikir seperti kita dan mampu menyelesaikan masalah yang terjadi antara satu individu dengan individu lainnya. Khususnya saya sebagai calon Arsitek, dalam arsitektur sendiri ilmu sosial dasar sangat penting untuk kita. Karena kita dapat memahami bagaimana cara menangani bila terjadi masalah dimasa akan datang dengan client. Memahami apa kebutuhan dan keinginan dari client. Maka dari itu tujuan Ilmu Sosial Dasar tidak dapat dielakan lagi bahwa ini adalah materi yang sangat penting

2. Ruang Lingkup dari Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :

a. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada di dalam masyarakat
b. Konsep-konsep sosial yang dibatasi pada konsep dasar
c. Masalah yang biasanya timbul di dalam masyarakat saling keterkaitan satu sama lain

Sehingga Ilmu Sosial Dasar meliputi dua studi utama yaitu studi manusia dan masyarakat serta studi lembaga-lembaga sosial. Sehingga dapat disimpulkan ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar adalah Psikologi, Sosioligi, Antropologi, Ekonomi dan Politik.

Sumber :

http://prabowo-womanizer.blogspot.com/2012/10/pengertian-ilmu-sosial-dasar.html

http://anwarabdi.wordpress.com/2013/04/22/ruang-lingkup-ilmu-sosial-dasar/

Comments

Popular Posts