Berawal Dari Pengepul Ikan Hingga Menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan

SUSI PUDJIASTUTI
MENTERI PERIKANAN DAN KELAUTAN (2014-2019)

Nama                       :           Susi Pudjiastuti
Tanggal Lahir          :           15 Januari 1965, Pangandaran
Kewarganegaraan   :           Indonesia
Agama                     :           Islam

Biografi Kehidupan  :

Sebelum Ibu Susi menjadi pengusaha sukses, beliau merupakan anak dari pemilik peternakan, sebagai penjual ternak dari satu tempat ketempat lain. Uniknya beliau tidak lulus Sekolah Menengah Atas (SMA). Beliau di dropout dari Sekolah SMA Negeri 1 Yogyakarta pada saat kelas 2.

Kemudian setelah putus sekolah, beliau menjual perhiasannya dan mengumpulkan dana untuk menjadi modal sebagai pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983. Usahanya berkembang pesat menjadi brand sendiri yaitu “Susi Brand.” Usaha ini menjadi sangat luas hingga mencapai Asia dan Afrika. Kemudian beliau meminjam modal sebesar Rp 20 Miliar untuk membeli Cessana Caravan. Dengan bermodalkan pesawat ini, beliau berhasil menjual lobster dengan keadaan segar kepasaran Jakarta dan Jepang. Hingga awal tahun 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 185 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing. Tahun 2012 Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis.

Karena itu beliau menjadi pusat perhatian bagi Jokowi, Presiden Negara Republik Indonesia. Bapak Jokowi melihat bahwa Ibu Susi mampu menjalani kewajibannya dengan keunikan beliau. Ibu Susi sendiri pun merasa bingung apa alasan Bapak Jokowi memilih Ibu Susi sebagai Menteri Kelautan, namun baru-baru ini keluar artikel mengenai alasan Bapak Jokowi.

“Pak, saya surprise bapak angkat saya jadi menteri. Sebelumnya saya sering disebut gila karena saya keras melemparkan ide dan menkritik ke menteri-menteri sebelumnya soal masalah Perikanan dan kelautan, tapi bapak kok percaya pada saya?” Tanya Bu Susi kepada Bapak Jokowi.

Bapak Jokowi mengatakan “Ya saya memang butuh orang gila untuk melakukan terobosan. Juga target-target atas kementrian Perikanan dan Kelautan yang bisa memberikan devisi pada negara.”

Namun pilihan Bapak Jokowi ini menyebabkan kontraversi pada masyarakat, pada saat sebelum pelantikan Ibu Susi merokok dan memiliki tato yang tidak lazim bagi masyarakat. Namun usaha dan kerja Ibu Susi sangat berbanding terbalik dengan pandangan negatif masyarakat. Ternyata Ibu Susi memiliki penghargaan dan prestasi besar untuk negara.

Setelah Ibu Susi menjabat menjadi Menteri, beliau melepas jabatan Direkturnya di PT. Asi Pudjiastuti Aviation dan menjadi Menteri sepenuhnya agar mampu bekerja dengan maximal.


Dampak dari Kepemimpinan Ibu Susi sebagai menteri juga sangat besar, nilai ekspor Indonesia naik drastis sejak tahun 2014 hingga kini. 
Dari hasil tersebut adanya kenaikan sebesar 11,27 % pada nilai ekspor Indonesia. 
Semenjak Ibu Susi menjabat, Indonesia menjadi pemasok ikan terbesar ke-2 di Dunia. 

Bahkan pada Jabatannya Beliau mampu menangkap sebesar 200 nelayan Asing maupun Liar yang berada di Kelautan Indonesia, dengan ini berdampak besar bagi negara Indonesia. Kini Indonesia ditakuti oleh Asia karena apabila adanya kapal liar yang tidak memiliki izin kelautan Indonesia maka akan langsung diledakkan oleh TNI AL.
Tak hanya negara sendiri yang membuat Ibu Susi menjadi sorotan, namun Ibu Susi menjadi sorotan negara luar termasuk Amerika terhadap kepemimpinan Ibu Susi dalam bidang Perikanan dan Kelautan. 

















Prestasi                      :          
   Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004
   Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005
   Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia. Tahun 2006
   Metro TV Award for Economics-2006,
   Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 dari Metro TV, Indonesia
   Berprestasi Award dari PT Exelcomindo
   Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009
   Ganesha Widyajasa Aditama Award dari ITB, 2011
   Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy, APEC, 2011
   Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan, dari Gubernur Jawa Barat, 2008

Kanjeng Ratu Ayu (KRAY) Susi Pudjiastutiningrat, dari Keraton Surakarta Hadiningrat, 2015


"Beliau mengajarkan kita, bahwa kita tidak bisa menilai seseorang dari "First Impression". Melainkan kita harus menilai seseorang dari apa yang telah dihasilkan orang tersebut yang mampu berguna bagi bangsa dan negara serta orang-orang disekitarnya."



Sumber                      :

https://id.wikipedia.org/wiki/Susi_Pudjiastuti

http://sidomi.com/336457/ini-alasan-jokowi-pilih-susi-pudjiastuti-jadi-menteri/

Comments

Popular Posts