Penderitaan

SUICIDE IS NOT AN OPTION


Indonesia, salah satu negara dengan penyebab kematian "bunuh diri" tertinggi. Penyebab dari bunuh diri ini pun bermacam-macam. Tapi pada intinya mereka selalu mengatakan "Memang lagi banyak masalah." Berikut salah satu berita yang saya liput

TEMPO.COJakarta - Kepolisian Resor Kota Depok masih menyelidiki penyebab kematian Akseyna Ahad Dori, 18 tahun, mahasiswa jurusan Biologi, Universitas Indonesia. Ace -sapaan akrab Akseyna, ditemukan tewas di Danau Kenanga, kompleks kampus itu pada Kamis, 26 Maret 2015.
"Masih dalam proses penyelidikan," kata Juru Bicara Kepolisian Resor Depok, Inspektur Dua Bagus Suwardi saat dihubungi, Rabu, 8 April 2015. Menurut dia, keputusan Ace apakah dibunuh atau bunuh diri ada di satuan reserse dan kriminal.
Namun, ia melanjutkan, dugaan Akseyna bunuh diri jauh lebih memungkinkan. "Berdasarkan bukti kemungkinan bunuh diri," ucap dia. Bukti yang dimaksud adalah temuan batu dalam tas Akseyna sebagai alat untuk menenggelamkan diri.
Selain itu, saksi kunci dalam kasus ini yakni Jibril -teman seangkatan Akseyna, mempunyai alibi yang kuat. Menurut dia, ketika Ahad, 29 Maret 2015, Jibril menginap di kosan Akseyna, Wisma Widya, atas permintaan keluarga Akseyna. "Ibunya yang minta karena kalau Akseyna balik biar dilarang keluar kosan," ujar Bagus.
Jika mengetahui Akseyna sudah meninggal, Bagus menambahkan, kemungkinan Jibril tidak mau tidur di kamar Akseyna. "Dia sudah teriak karena itu teman dekatnya," ucap Bagus.
Sebelumnya, Edi Sukardi, 42 tahun, penjaga kosan mengatakan, pada Minggu malam setelah Akseyna ditemukan meninggal, Jibril menginap di kamar Akseyna.
Sampai saat ini Jibril belum bisa dimintai keterangan. Tempo mencoba mendatangi kampus, namun belum menemukan Jibril. 
Beberapa mahasiswa jurusan Biologi yang ditemui Tempo, enggan memberikan keterangan. "Maaf enggak bisa komentar," kata salah seorang mahasiswi.


Banyak sekali remaja-remaja di Indonesia mengambil pilihan bunuh diri sebagai jalan keluar dalam permasalahan. Namun pada kenyataannya bunuh diri bukanlah pilihan penyelesaian dalam permasalahan. Dalam agama Islam, Kristen, Hindu maupun Budha tertera sangat jelas bahwa adanya larangan Bunuh diri bagi pengikutnya. Dalam islampun sangat jelas ada di Al-Quran  :

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (An-Nisa’ : 29)
“Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati sesudah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al Qur’an).” (QS. Al-Kahfi ; 6)

Nabi saw., sabdanya : “Siapa yang bersumpah menurut cara suatu agama selain Islam, baik sumpahnya itu dusta maupun sengaja, maka orang itu akan mengalami sumpahnya sendiri. “Siapa yang bunuh diri dengan suatu cara, Allah akan menyiksanya di neraka jahanam dengan cara itu pula.”

Allah sangat menyangi umat-umatnya sehingga Allah tak akan memberikan cobaan yang diluar dari kemampuan manusianya itu sendiri. 


Allah SWT berfirman : “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun” . (QS al-Baqarah [2] : 155-156)


Maka dari itu jika sedang mengalami suatu masalah yang tidak mampu untuk ditangani oleh diri sendiri 
1. Ingatlah pada Tuhan dan berdoalah pada-Nya
2. Berbagi ceritalah pada teman mu atau keluarga sehingga hilang rasa beban didada
3. Mintalah nasihat dari orang yang kamu percayai
4. Berusahalah agar mampu menyelesaikan Masalah 
5. Apabila sudah berdoa dan berusaha, maka pasrahlah kepada Tuhan. Karena Tuhan sangat menyayangi pengikutnya.

Ingatlah bahwa Bunuh Diri bukanlah jalan keluar dari cobaan ataupun masalah yang kita hadapi. 



Sumber :
http://metro.tempo.co/read/news/2015/04/08/064656177/Kasus-Mahasiswa-UI-Polisi-Kemungkinan-Akseyna-Bunuh-Diri
https://fajarcahyonoodotcom.wordpress.com/2011/04/08/larangan-bunuh-diri-dalam-al-quran/
https://www.facebook.com/permalink.php?id=147017191975451&story_fbid=588194557857710

Comments

Popular Posts