Tanggung Jawab

PAHLAWAN TIDAK SELALU MENGGUNAKAN PEDANG







Saat ini saya adalah Mahasiswi dari Universitas Gunadarma dengan Jurusan Arsitektur dan sudah menginjak semester dua. Baru satu tahun yang lalu saya menyelesaikan pendidikan SMA. Namun rasanya sudah sangat lama saya meninggalkan Putih-Abuabu itu. Ketika saya kuliah semua berdasarkan kemauan dan kemampuan dari diri sendiri, istilah Guru yang dulu saya kenal di SMA pun sudah hilang di jenjang pendidikan ini. Baru terasa saya merindukan istilah Guru di perkuliahan ini. 

Kalau dipikir-pikir guru saat mengajar kita dulu juga memiliki tanggung jawab dengan siswa yang diajarkannya, namun kita selalu meremehkan guru kita sendiri. Kadang-kadang kita merasa terganggu akan nasihat dari guru kita sendiri. Tetapi ketika dimasa Kuliah ini rasanya kurang tanpa "amukan" guru. 

Tugas dan tanggung jawab seorang guru diantaranya adalah menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk senantiasa belajar dengan baik dan semangat. Tugas seorang guru itu mencakup beberapa hal, yaitu sebagai berikut: guru memiliki tugas yang beragam yang berimplementasi dalam bentuk pengabdian. Tugas tersebut meliputi bidang profesi, bidang kemanusiaan, dan bidang kemasyarakatan. Tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup dan kehidupan. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa.


Namun yang paling kita lupakan adalah tanggung jawab guru tidak hanya sebatas jam pelajaran dan ruangan kelas. Tanggung jawab guru terus tumbuh hingga siswanya menjadi sukses. Baru saya sadar Gurulah yang membuat saya berada disini, guru pula lah yang membimbing saya sehingga kuat dengan segala tekanan, guru juga lah yang memberi saya pelaran akan fisik dan batin. Namun yang saya ingat ketika saya di SMA hanyalah dumelannya saja :D Istilah Pahlawan Tanda Jasa benar-benar mengalir di profesi ini. 


Bagi Siswa/i yang masih menginjak jenjang SMA/SMP/SD marilah mencoba untuk menghormati guru mu, hargai beliau, mencoba sabar dalam segala macam uji cobanya, menyayanginya sebagai orangtua mu dan mengerti dengan tanggunga jawab yang selalu dia bawa untuk siswa atau siswinya. 






Terimakasih Guru Ku :)


Sumber :
http://jaririndu.blogspot.com/2014/11/tugas-dan-tanggung-jawab-guru.html

Comments

Popular Posts