BURJ KHALIFA THE HIGHEST SKYSCRAPER BUILDING IN THE WORLD

 
Burj Khalifa.. siapa yang tidak kenal dengan bangunan ini terutama di kaum para Arsitektur. Bangunan yang terletak di Dubai, Uni Emirate Arab ini merupakan salah satu bangunan Mix-Used Building. Memiliki luas bangunan sebesar 334.000 m2 dengan jumlah 160 lantai. Ketinggian bangunan ini sendiri sebesar 6.213 m dengan puncak antena 828 m. Bangunan ini bersebelahan dengan Mall of Dubai yang didepannya terdapat atraksi terkenal bernama Dancing Fountain. 
 
Developer dari bangunan ini merupakan salah satu developer ternama yang berada di Dubai yaitu Emaar dengan arsitek Skidmore, Owings dan Merrill.
 
Awal mulanya bangunan ini bukan lah bernama Burj Khalifa, melainkan Burj Dubai, namun pada saat pembangunan Burj Khalifa Dubai mengalami krisis keuangan. Pada saat itu presiden Uni Emirate Arab memberikan balan bantuan kepada Dubai sehingga Dubai mampu melalui krisis tersebut. Untuk memberikan rasa penghormatan kepada Presidennya, maka Dubai mengganti Burj Dubai menjadi Burj Khalifa sesuai dengan nama presidennya yaitu Sheikh Khalifa bin Zayed al Nahyan.

Design awal Burj Khalifa merupakan dari bentuk bunga Hymenocallis dari Yunani. Yang membentuk 3 bagian kemudian dibuat seperti coin yang ditumpuk mengecil keatas. 
 
Dengan struktur Lebih dari 45.000 m3 (58.900 cu yd) beton, dengan berat lebih dari 110.000 ton digunakan untuk membangun pondasi beton dan baja, yang memiliki 192 tumpukan dikuburkan lebih dari 50 m (164 kaki). Pembangunan Burj Khalifa akan menggunakan 330.000 m3 (431.600 cu yd) beton dan 39.000 ton (43.000 ST; 38.000 LT) dari baja, dan konstruksi akan memakan waktu 22 juta jam kerja.


Sementara interior dari bangunan ini memberikan kesan modern. Walaupun negara Dubai terkenal dengan Arabic, bangunan ini tetap mengambil tema modern untuk interiornya dan terkesan Futuristic. 

 Salah Satu keunikan lain dari bangunan ini yaitu liftnya yang mampu bergerak sangat cepat. Mampu bergerak ke lantai 140 hanya dalam 1 menit saja.

Jasa yang ditawarkan oleh bangunan ini terdapat, Hotel, Residance, Kantor, Restaurant, Bar dan lainnya. Untuk pengunjung tidak usah berkecil hati, pengunjung dapat masuk kedalam Burj Khalifa dan menikmati keindahan bangunan serta viewnya pada Obeservation Deck Burj Khalifa.
Namun untuk masuk kedalam ke area Observation Deck ini pengunjung diwajibkan membayar sebesar 200 AED atau 700.000 Rupiah. Memang terkesan mahal, namun jika sudah masuk pasti tidak akan menyesal.
Didalam Observation Deck ini kita mampu menikmati 360derajat view di atas Dubai, dengan fasilitas  lift dengan kecepatan 10 m/s, gift shop, photoshot, telescopes features full HD, ineraktif informasi dan banyak lainnya. 
 




Merupakan salah satu pengalaman yang sangat berharga bagi saya untuk mampu mengalami bagaimana rasanya berada diatas bagunan ini, berikut saya lampirkan hasil foto dari atas Burj Khalifa























































Comments

Popular Posts